2 Mei : Hardiknas

Pendidikan itu hal yang utama, bukankah Allah menurunkan ayat yang pertama ke bumi dengan kalimat : Bacalah! Bacalah dengan nama Tuhanmu

Seperti biasa, pada tanggal 2 Mei adalah hari peringatan Pendidikan Nasional, yang biasanya kita singkat dengan hardiknas. dimana-mana sekolah di Indonesia, bakal mengadakan upacara bendera di pagi hari, sebagai seremonial memperingati hari ini.

Pendidikan sangat lah penting, sebab dari proses ini banyak manusia-manusia hebat mulai berfikir, mulai berkarya juga mulai menciptakan sesuatu. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi yang memiliki banyak sekali cabang ilmu pengetahuan. Semua proses itu mempunyai sistem masing-masing.

Sistem dari pendidikan itu bermacam-macam, ada yang sudah mengikuti standar internasional, ada yang baru skala Nasional, ada juga yang biasa saja bahkan ada yang sangat dibawah standar karena memang tak memiliki fasilitas yang cukup terkhusus di daerah terpencil.

Masalah pendidikan di Indonesia sendiri, mulai banyak terungkap dan mulai diperhatikan lebih oleh pemerintah sejak munculnya berbagai berita juga karya-karya orang-orang yang bekerja keras seperti Novelis Andrea Hirata, kegiatan sosial dari Andy F Noya, terbentuknya yayasan Indonesia mengajar oleh Anis Baswedan dan lain sebagainya.

202820p

Beginilah negeri kita, harusnya setiap tanggal 2 Mei adalah langkah kita untuk terus berbenah diri, mengevaluasi setiap pendidikan yang ada di Indonesia hingga kita bisa melahirkan guru-guru yang luar biasa, siswa-siswa yang hebat dan ilmuwan-ilmuwan yang berkualitas.

Satu hal yang penting, tak perlu berkeluh kesah dan banyak mengeluh. Mari kita berbuat untuk Indonesia dimulai dari banyak membaca. Sebab Allah menyuruh kita demikian.

Selamat hari Pendidikan Nasional. Teruskan cita-cita pejuang kita , Ki Hajar Dewantara, Haji Agus Salim dan tokoh pendidikan lainnya. Mari berkarya untuk Indonesia!

Tinggalkan komentar